Nelayan & Ikan

Nelayan dan ikan, mungkin kedua makhluk ini dapat dikatakan dua makhluk dari dunia yang berbeda, yang satu berada di darat dan yang lainnya berada di air. Namun, nelayan tidak akan bisa mempertahankan hidupnya bila tak ada ikan yang diburunya. Nelayan akan berusaha untu berlayar mengarungi samudra untuk mendapatkan ikan buruannya tersebut. Walaupun dihempas gelombang, dihadang badai dan terombang-ambing di lautan mereka pasti tak akan mengenal lelah sampai berhasil mendapatkan ikan.
Tapi, perjuangan nelayan tidak sebatas hanya menghadapi keganasan laut saja, persaingan dengan nelayan lain (terutama yang memiliki peralatan lebih canggih), pemilihan lautan mana yang akan diarungi, pemilihan jenis ikan apa yang akan mereka tangkap, bagaimana mereka akan menebarkan jalanya, sungguh merupakan hal yang kompleks bila ditelusuri secara mendalam.

Tapi nelayan yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini bukanlah nelayan yang sebenarnya dan ikan juga hanya merupakan sebuah pengandaian. Mari kita bagi beberapa bagian tentang nelayan dan ikannya ini:
  • Tipe 1, Nelayan yang menebar satu jala di satu lautan.
  • Tipe 2, Nelayan yang menebar banyak jala di banyak lautan.
  • Tipe 3, Nelayan yang berjuang menghadapi banyak nelayan lain di lautan dengan ikan yang terbatas.
Sepertinya, cukup 3 tipe nelayan ini yang akan dianalisis pada kesempatan ini.

Nelayan Tipe 1, tipe nelayan ini mungkin sangat yakin pada kemampuannya, dia hanya cukup menebar 1 jala saja di 1 lautan, dia berani untuk menunggu sampai ikan tertangkap di jalanya. Nelayan tipe ini haruslah orang yang benar-benar sanggup menerima resiko karena mungkin saja ikan hasil buruannya lepas dan pergi begitu saja, tapi ada kemungkinan juga ikan yang mereka inginkan tersangkut dengan indah di jala sang nelayan bila ini yang terjadi nelayan akan merasa sangat bahagia.

Nelayan Tipe 2, tipe nelayan ini mungkin nelayan yang kurang yakin pada kemampuannya sendiri atau dapat juga karena banyak sekali lautan yang dapat dia arungi untuk menebar jala yang dia miliki. Nelayan tipe ini, bisa saja dapat menghasilkan berbagai jenis ikan dari jala-jala yang telah ditebarnya, seharusnya minimal nelayan ini akan mendapatkan 1 ikan, tapi kadang kondisi tidaklah seindah itu karena bila sialnya maka nelayan ini tak akan mendapatkan apapun dana hanya mendapati jalanya yang kosong.

Nelayan Tipe 3, nelayan ini haruslah tangguh bersaing karena ikan buruannya diincar oleh banyak nelayan lain, dia harus benar-benar pintar dalam menarik perhatian ikan tersebut agar si ikan terperangkap pada jala yang telah nelayan ini tebar.

Sebenarnya apa maksud dari tulisan ini? Nelayan dan ikan? Coba kalian ganti sang nelayan dengan pria dan ikan dengan wanita.
Maka akan terlihat tiga tipe pria, tipe pria 1 yang menebar JALA hanya untuk mendapatkan 1 wanita saja, tipe pria 2 yang menebar JALA  ke banyak wanita, tipe 3 pria yang harus bertarung keras dengan banyak pria lain untuk menebar JALA ke satu wanita.

But Guys, apapun tipe yang kalian pilih, jalanilah, yang terbaik mungkin tipe nelayan yang pertama, tapi jadilah dirimu sendiri, karena ikan cantik dan rupawan masih terbentang luas di samudra ini... =P

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Dinda - Just For You (feat Abdul & The Coffee Theory) (lirik lagu)

Harapan Palsu